
Ambon, 28 Oktober 2025 – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Prof. Dr. J. A. Latumeten kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran praktik keperawatan melalui kegiatan Pendampingan Program Penguatan Praktik Keperawatan Berbasis Audio Visual yang diselenggarakan di kampus STIKes RS Latumeten.
Praktik klinik merupakan komponen esensial dalam pendidikan keperawatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan secara profesional, aman, dan beretika. Sejalan dengan standar pendidikan profesi ners (SKKNI dan KKNI Level 5), serta tuntutan akreditasi, pelaksanaan praktik klinik harus memenuhi prinsip keselamatan pasien, asuhan berbasis bukti (evidence- based practice), dan pendekatan holistik.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran praktik bagi mahasiswa keperawatan dengan memanfaatkan media audio visual sebagai sarana pendukung. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami prosedur keperawatan secara lebih efektif, interaktif, dan kontekstual sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi pendidikan di era digital.
Kegiatan pendampingan ini melibatkan para dosen keperawatan, instruktur klinik, serta tim pengembang media pembelajaran dari kampus. Dalam sesi pendampingan, peserta dibimbing untuk mengintegrasikan teknologi audio visual dalam praktik keperawatan, seperti pembuatan video demonstrasi tindakan keperawatan, simulasi prosedur klinik, dan penggunaan platform pembelajaran digital untuk evaluasi mandiri.
Ketua STIKes RS Latumeten, Fathimah Kelrey, S.Kep., Ns., M.Kep dalam sambutannya menyampaikan bahwa penguatan praktik keperawatan berbasis teknologi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi lulusan agar siap menghadapi tantangan dunia kerja.
“Melalui pendekatan audio visual, mahasiswa tidak hanya melihat dan meniru, tetapi juga mampu menganalisis dan menginternalisasi setiap langkah tindakan keperawatan dengan lebih baik,” ujarnya.
Program ini didampingi oleh tim ahli bidang Teknologi pembelajaran dari Binus University (Frihandhika Permana, S.Pd., M.Kom dan Okky Pramudita, S.I.Kom.,M.I. Kom. Para pendamping memberikan pelatihan teknis tentang cara produksi konten video pembelajaran, strategi penyusunan skenario praktik, serta evaluasi efektivitas media audio visual terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa.
Kegiatan dilaksanakan diawali dengan Paparan Materi (Presentasi) oleh narasumber, Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) untuk menyusun panduan dan Pelatihan langsung oleh peserta yang diikuti oleh 10 Peserta Dosen dan tenaga kependidikan IT.
Salah satu dosen peserta pendampingan, Try N. Hatala, S.Kep., Ns., M.Kep , menuturkan bahwa kegiatan ini sangat membantu tenaga pendidik dalam merancang media pembelajaran yang inovatif.
“Kami jadi lebih memahami bagaimana cara membuat materi praktik yang menarik dan mudah dipahami mahasiswa, terutama dalam situasi di mana pembelajaran klinik perlu adaptif terhadap keterbatasan waktu dan fasilitas,” ungkapnya.
Dosen keperawatan STIKes RS Latumeten menyambut baik kegiatan ini karena mereka dapat melakukan proses belajar mengajar melalui tayangan visual yang realistis dan mudah diakses oleh mahasiswa kapan pun. Dengan begitu, proses latihan praktik menjadi lebih mandiri dan berulang tanpa terbatas oleh jadwal laboratorium.
Selain meningkatkan kemampuan mahasiswa, kegiatan ini juga memperkuat posisi STIKes RS Prof.Dr.J.A. Latumeten sebagai institusi pendidikan kesehatan yang inovatif dan berorientasi pada kualitas. Program ini diharapkan menjadi model bagi pengembangan pembelajaran keperawatan di perguruan tinggi kesehatan lainnya di Maluku.
Dengan terselenggaranya pendampingan ini, STIKes RS Latumeten menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan keperawatan. Pemanfaatan media audio visual bukan hanya menjadi solusi pembelajaran modern, tetapi juga sebagai wujud adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pelayanan kesehatan di masa depan.



